Fairy

Fairy

Minggu, 16 Oktober 2011

INTRANET DAN EKSTRANET

KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT, karena atas petunjuknya akhirnya saya dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya.
Makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah “Komunikasi Bisnis II”. Adapun isi dari makalah ini adalah mengenai Internet, Ekstranet serta E-mail yang kebutuhannya berkaitan dengan Komunikasi Bisnis.


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR 1
DAFTAR ISI 2
BAB I               PENDAHULUAN3
A.           Latar Belakang3
B.            Tujuan Penulisan3
C.            Sistematika Penulisan3
BAB II              PEMBAHASAN6
A.     Pengertian Internet4
B.      Pengertian Ekstranet 5
C.      Pengertian E-mail5
D.     Cara memebuat E-mail5
E.      Fungsi Internet, Ekstranet dan E-mail dalam Komunikasi Bisnis7
BAB II              PENUTUP9
A.     Kesimpulan9
DAFTAR PUSTAKA 10



BAB II
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Komunikasi bisnis merupakan pertukaran gagasan, pendapat, instruksi, informasi bisnis yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol - simbol atau sinyal.
Komunikasi Bisnis mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan teknologi saat ini. Sarana yang digunakan tidak lagi bertaraf manual, segalanya otomatis dan cepat. Beberapa sarana pendukung tersebut antara lain adalah Internet dan Eksternet. Berikut pembahasan lebih lanjut.

B.      Tujuan
Tujuan Penulisan Makalah ini antara lain:
1.      Mengetahui jaringan teknologi pendukung Komunikasi Bisnis
2.      Memberdayakan teknologi demi mengefektifitaskan komunikasi bisnis.

C.      Sistematika Penulisan
1.      Pengertian Internet
2.      Pengertian Ekstranet
3.      Pengertian E-mail
4.      Cara Membuat E-mail
5.      Fungsi Internet, Ekstranet dan E-mail dalam Komunikasi Bisnis


BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pengertian Internet
Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya.
Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, biasanya Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada di kota Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet ataupun Anda dapat menggunakan fasilitas dari Telkom yakni Telkomnet Instan.
Dengan memanfaatkan internet, pemakaian komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk saling berkomunikasi dan pemakaian bersama informasi dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke komputer lain, mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu dan lain-lain.

B.      Pengertian Ekstranet
Ekstranet adalah sebuah tipe dari sistem informasi interorganisasi yang memungkinkan orang-orang dari luar perusahaan untuk bekerja bersama dengan pekerja yang berada di dalam perusahaan. Secara umum ekstranet diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Tujuan utama Ekstranet adalah menggalang terjadinya kolaborasi antara mitra-mitra bisnis, ekstranet dibuka untuk penyuplai, pelanggan, dan mitra bisnis lainnya, dan ditutup untuk masyarakat umum.

C.      Pengertian E-mail
E-mail adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”.Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.Apabila kita mengirim surat melalui email kita dapat memperoleh beberapa keuntungan.Antara lain, dengan menggunakan email surat (informasi) yang kita kirim ke alamat email lain akan secara langsung diterima, selain itu biaya yang kita keluarkan cukup murah..Saat ini yang menyediakan layanan pembuatan email secara gratis adalah yahoo.com dan plasa.com.

D.     Cara Membuat E-mail
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1.      Kita buka program intertnet explorer/Mozila Firefox/
2.      Kita membuka mail.yahoo.com
3.      Untuk membuat email baru secara gratis kita klik “Sign Up”
4.      Setelah muncul formulir pendaftaran email, kita isi formulir tersebut secara lengkap
5.      Jangan lupa kita harus menuliskan yahoo id dan password untuk pengamanan email kita 
6.      Selain itu kita harus menuliskan verifikasi email 
7.      Beri tanda centang pada pernyataan ” I Agree” 
8.      Klik “Submit” 
9.      Tunggu beberapa saat kita akan mendapat pesan selamat datang dari yahoo.
Melalui langkah-langkah di atas kita sudah dapat memiliki sebuah email secara gratis dan mudah. Saya sendiri sudah membuat e-mail dari layanan yahoo.com yaitu: starzablinx@yahoo.com
Dalam mengirim email kita dapat melampirkan file-file yang kita butuhkan. Dengan cara : 
1.      Buka email kita 
2.      Klik compose atau tulis 
3.      Sebelumnya kita tulis subject dan untuk siapa email itu akan dikirim. Dalam tampilan compose terdapat “CC” yang berarti alamat tambahan 
4.      Klik attachment file bila kita ingin melampirkan file
5.       Setelah muncul tampilan attachment file, kita pilih file mana yang akan kita lampirkan 
6.      Klik attach file 
7.      Klik continue message 
8.      Klik Send
Dengan demikian e-mail anda akan terkirim ke e-mail tujuan.

E.      Fungsi Internet, Ekstranet dan E-mail dalam Komunikasi Bisnis
Fungsi Internet dalam Komunikasi Bisnis ialah:
1.      Internet terhubung dengan ratusan katalog perpustakaan,sehingga penggunaannya dapat meneliti ribuan data base yang terbuka untuk umum melalui jaringan tersebut yang disediakan oleh perusahaan,pemerintah ataupun niralaba.
2.      Pengguna internet dapat mempergunakan informasi ini untuk berbagai keperluan bisnisnya,sehingga bisa mengetahui kondisi lingkungan termasuk pesaing dan perkembangan kepentingan para stakeholder.
3.      Beberapa metode atau alat untuk mengakses komputer dan mencari file yang dapat diterapkan melalui internet adalah gopher,archie,dan wide area information servers. 
4.      Sebagai alat penghubung yang praktis untuk komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan,tanpa harus memikirkan waktu dan lokasi.Sekarang ini banyak situs – situs yang melakukan penjualan barang dan jasa lewat internet,dan tentunya kita kalau ingin membeli harus memakai kartu kredit,jadi transaksi itu terjadi lewat internet.Kebanyakan orang di luar negeri seperti Amerika sering berbelanja produk atau barang lewat internet.

Fungsi Ekstranet dalam Komunikasi Bisnis ialah:
1.       Menggalang terjadinya kolaborasi antara mitra-mitra bisnis, ekstranet dibuka untuk penyuplai, pelanggan, dan mitra bisnis lainnya, dan ditutup untuk masyarakat umum.
2.      Dapat bertukar data bervolume besar dan dapat digunakan untuk jaringan kerjasama bisnis.
3.      Memerlukan lebih sedikit pekerja help-desk dengan mengotomatisasi inquiry system, pelanggan hanya menghubungi basis data untuk mencari informasi.
4.      Meningkatkan kualitas dengan komunikasi antar komputer dapat mengurangi error pada masukan data (data entry).
5.      Meningkatkan secara keseluruhan pada efektifitas bisnis.

Fungsi E-mail dalam Komunikasi Bisnis ialah:
1.    Mengirim data atau surat bisnis dengan berbagai pihak diseluruh dunia
2.    Menghemat biaya, karena pengiriman informasi bisa dilakukan dengan sekali klik mouse komputer. Menghemat biaya tinta printing dan kertas serta biaya pengiriman, karena tak perlu mencetak laporan yang akan dikirim ke pusat.



BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Dari pembahasan yang telah dijelaskan pada Bab II, dapat diambil kesimpulan bahwa teknologi seperti internet dan Ekstranet adalah sarana pendukung yang akan menunjang efektifitas komunikasi bisnis saat ini.

B.       
DAFTAR PUSTAKA

Wikipedia Indonesia
Google.com
Ilmikomputer.com
Rosenblatt, S. Bernard.Communication in Business. Prentice Hall, Inc. Engelwood Cliffs, NJ (1985).

Tidak ada komentar: